Tips Pulang Haji Dengan Oleh-oleh

Tips Pulang Haji Dengan Oleh-oleh adalah tips yang mungkin dapat dilakukan para jamaah haji ketika selesai tunaikan ibadah haji. Bukan rahasia umum lagi ketika akan berangkat haji calon haji biasa mengadakan syukuran sebagai bentuk silaturrahiim untuk berpamitan jalanakan ibadah haji kepada para sanak family dan tetangga dekat. Begitu pula ketika pulang haji, banyak sanak family dan tetangga berkunjung untuk sekedar silaturrahim atau minta didoakan plus oleh-oleh haji.
Budaya semacam ini sudah mengakar, yang jadi permasalahannya karena banyaknya tetangga yang berkunjung ketika usai haji, tentu saja membutuhkan oleh-oleh yang banyak juga, permasalahannya kuota barang bawaan haji dibatasi antara 20-30 kg saja, sedangkan kalau dihitung oleh-oleh yang dibagikan pada para tamu bisa 3 kali lipat beratnya.

Ada banyak macam jenis oleh-oleh antara lain, air zam-zam, kurma nabi, pacar pewarna kuku, celak mata, sajadah, rosario tasbih, peci, minyak wangi dan lain-lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Raja Jempol coba berbagi tips oleh-oleh haji.
Mengingat ada beberapa barang-barang oleh-oleh haji yang justeru buatan Indonesia yang dijual di Mekah seperti sajadah, peci, tasbih rosario dan lain-lain. Maka dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Usahakan sediakan uang mata uang Riyal sebelum belanja atau sebelum berangkat haji.
  2. Untuk oleh-oleh seperti sajadah, rosario tasbih, kurma biasa cukup beli didalam negeri sebulan sebelum berangkat haji.
  3. Beli oleh-oleh di Mekah yang beratnya tak seberapa misalnya, celak mata, pacar/kutek,minyak wangi,kurma nabi,rumput Fatimah.
  4. Untuk oleh-oleh yang berat bisa disertakan sebagai barang kargo tersendiri yang tentu saja biaya tambahan, misalnya air zam-zam, buah zaitun, minyak kasturi dan lain-lain
  5. Beli oleh-oleh di Mekah yang memang benar-benar produk asli Mekah dan tidak ada di Indonesia.
  6. Untuk oleh-oleh minyak wangi beli ukuran botol 300 ml, dan plus botol kosongan yang dijual selain lebih murah juga lebih orisinil.
  7. Oleh-oleh yang sekiranya berharga mahal semacam perhiasan, sebaiknya dibawa saat naik pesawat, jangan sertakan pada barang yang masuk bagasi.
  8. Bungkus oleh-oleh yang dibeli di dalam negeri tambahakan sedikit oleh-oleh asli dari Mekah, misalnya : sajadah plus celak mata, rosario plus kutek dan lain-lain.
  9. Untuk air zam-zam utamakan pada sanak family, tetangga dekat.
  10. Untuk kurma, buah tin, kacang arab, jadikan suguhan para tamu.


Itulah sedikit tips oleh-oleh haji agar tidak merepotkan.

Password Reset

Please enter your e-mail address. You will receive a new password via e-mail.